PENYAKIT ARWANA: GIGIT EKOR

Banyak sekali penyakit yang dapat terjadi pada semua ikan termasuk pada ikan arwana bahkan tidak sedikit penghobi yang kebingungan dalam pengatasi permasalahan yang muncul pada ikannya. Pada ulasan kali ini kita akan membahas mengenai penyakit arwana yaitu salah satunya ikan arwana mengalami gigit ekor.

Umumnya ikan arwana akan menunjukan perilaku yang lain dari pada biasanya sebelum menggigit ekornya sendiri. Ikan arwana akan terlihat gelisah dengan berenang hilir mudik kesana kemari. Dalam hari kemudian sirip ekor akan robek robek selaputnya hingga mirip sisir dan yang tersisa hanyalah jari-jari siripnya. Gejala ini awalnya hanya kecil lalu akan bertambah panjang dan tidak jarang sebagian dari jari sirip itu akan hilang.

Penyakit gigit ekor umumnya disebabkan oleh sejenis parasit yang menempel pada ekor ikan arwana dan menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Ikan arwana berusaha mengatasinya dengan cara berenang hilir mudik dan menggigiti ekornya sampai tampak compang camping.

Cara pengobatan penyakit ikan arwana yang gigit ekor dapat dilakukan dengan pindahkan dahulu ikan ke dalam akuarium lain yang bersih (steril) dan sudah diisi dengan air yang memenuhi syarat, kemudian masukan sekitar 20 tetes obat Tropical Fish Medicine dan biarkan ikan arwana tetap di dalamnya selama beberapa hari. Tahap selanjutnya kuras dan bersihkan akuarium yang asal supaya setelah di kembalikan nanti ikan arwana dapat menempati kembali tanpa khawatir di jangkiti kembali.

Untuk ulasan kali ini cukup sekian, jika Anda tertarik untuk memelihara ikan arwana super red yang sehat dan bagus, Anda dapat menghubungi kami melalui kontak nomor telepon atau tombol whatsapp yang tersedia. Diskusikan ikan arwana keinginan Anda, Kami siap membantu Anda. Terima kasih.